Tuesday 22 May 2012

Dalam Laut: Gunung Api

Letusan Gunung Api Bawah Laut



Asap terlihat setelah gunung api bawah laut meletus di Hunga Ha'apai, Tonga, 18 Maret 2009. Letusan ini hanya 34 mil laut dari pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa. Foto diambil 18 Maret 2009. REUTERS/Matangi Tonga Online/Handout.


Gunung api bawah laut terlihat meletus lepas pantai Tonga, mengirim uap, abu, dan asap 100 meter ke udara pada 18 Maret 2009 di lepas pantai Nuku'Alofa, Tonga. Gunung api ini terletak 6 mil dari pulau utama Tonga, Tongatapu, hanya satu dari 36 gunung api bawah laut di kawasan ini. (Photo by Dana Stephenson//Getty Images)


Sekelompok 'cerobong asap' vulkanik melepas uap panas ke atas dalam foto yang diambil oleh Commonwealth Scientific Industrial Research Organisation (CSIRO) dari Samudera Pasifik. Fenomena ini persis seperti yang terjadi gunung api Kavachi, terletak dekat pulau Tetepare, bagian dari Kepulauan Solomon. Gunung api bawah laut Kavachi meletus setelah cerobong asap serupa mengeluarkan lava dan uap sampai 70 meter ke udara dan menciptakan pulau baru. Tim peneliti Australian menyaksikan kejadian unik terbentuknya pulau baru, tak sampai 750 meter. Mereka khawatir kapal mereka tak bisa mengambang karena saking banyaknya gas di laut. Gunung api itu setinggi 800 meter dan memiliki diameter basis 3,5 km. REUTERS.


Smoke is seen after an underwater volcano erupted in Hunga Ha'apai, Tonga March 18, 2009. The eruption is only 34 nautical miles off the coast of Tonga's capital Nuku'alofa. Picture taken March 18, 2009. REUTERS/Matangi Tonga Online/Handout (TONGA ENVIRONMENT SOCIETY IMAGE OF THE DAY TOP PICTURE)


 

Foto yang diambil dan disebarkan oleh pemerintah regional Canary pada 15 Oktober 2011 ini menunjukkan fragmen-fragmen yang bernama pyroclasts dari gunung api bawah laut di permukaan laut Restinga di Canary Island, El Hierro, Spanyol. (AP Photo/Canary Island Government)


Letusan gunung api bawah laut terlihat di Samudera Pasifik dekat Pulau Minami Iwojima yang tak berpenghuni, sekitar 1400km selatan Tokyo, 3 Juli 2005. REUTERS/Japan Coast Guard/Handout.


Volcanic activity in the sea off the Canary island of El Hierro is seen in this areal photo taken and released by the Canary Islands Government on Saturday Nov. 5, 2011. The regional government of the Canary Islands on Saturday Nov. 5, 2011has ordered the evacuation of homes and road closures near the southern tip of El Hierro after two earth tremors and increased offshore volcanic activity caused a buildup of malodorous debris floating on the sea.Seismic activity began in the area on July 17 and residents have since been rocked by more than 10,000 tremors, while underwater fissures have released an almost continuous flow of sulfurous gases, smoke and hot objects.El Hierro has some 11,000 residents and was formed by volcanic activity. (AP Photo/Canary Islands Government) EDITORIAL USE ONLY - NO SALES.


Aktivitas vulkanik terlihat di laut Pulau Canary di El Hiero, Spanyol, seperti di foto udara yang diambil dan disebarkan oleh pemerintah regional Canary pada 4 November 2011. Peningkatan aktivitas vulkanik menimbulkan getaran, muntahan batu, dan terjadi sejak 17 Juli. Dalam jangka waktu itu, tercatat ada 10 ribu getaran sementara di bawah laut gunung api terus-terusan mengeluarkan gas sulfur, asap, dan objek panas. (AP Photo/Canary Islands Government)

Sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan komentar dengan santun & tidak mengandung spam, terima kasih.